Dowwnload Aplikasi Pendaftaran Siswa Baru Menggunakan PHP dan MySql sederhana (CRUD)

Aplikasi Pendaftaran Siswa Baru Menggunakan PHP sederhana (CRUD)

sourcode aplikasi penerimaan siswa baru



Aplikasi penerimaan siswa baru menggunakan metode PHP (CRUD) Berbasis website adalah aplikasi sederhana yang saya buat untuk media pembelajaran di kampus saya.
dengan ini saya membuat aplikasi ini hanya untuk belajar pemrograman PHP dan MYSQL untuk membuat website  yang sempurna.

Pendaftaran memiliki 2 arti. Pendaftaran berasal dari kata dasar daftar. Pendaftaran adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pendaftaran memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pendaftaran dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Berikut adalah arti, makna, dan pengertian dari "pendaftaran": Pendaftaran /pen-daf-tar-an/ Dasar: daftar Bidang: - Jenis: - Kelas: nomina Ragam: - Lain: - Arti: Pendaftaran berarti proses, cara, perbuatan mendaftar (mendaftarkan); pencatatan nama, alamat, dan sebagainya dalam daftar Pendaftaran /pen-daf-tar-an/ Dasar: daftar Bidang: - Jenis: - Kelas: nomina Ragam: - Lain: - Arti: Pendaftaran berarti perihal mendaftar (mendaftarkan): pendaftaran murid baru diadakan dalam bulan desember Demikian arti pendaftaran makna pengertian dan definisi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online dan sumber lainnya.

 Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang di gabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Ada banyak pendapat tentang pengertian dan definisi sistem yang dijelaskan oleh beberapa ahli. Berikut pengertian dan definisi sistem menurut beberapa ahli:
a.       Menurut  Jogiyanto  (2005),  sistem  adalah  kumpulan  dari  elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.
b.      Menurut Budi Sutejo (2006), sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan.
c.       Menurut Tata Sutabri (2004), sistem adalah suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atau variabel  yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu.
Komponen atau Karakteristik sistem adalah bagian yang membentuk sebuah sistem, diantaranya:
a.       Objek adalah merupakan bagian, elemen atau variabel. Ia dapat berupa benda fisik, abstrak atau keduanya.

    Atribut adalah merupakan penentu kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
    Hubungan internal adalah merupakan penghubungan diantara objek-objek yang terdapat dalam sebuah sistem.
    Lingkungan, merupakan tempat dimana sistem berada.
    Tujuan setiap sistem memiliki tujuan dan tujuan inilah yang menjadi motivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tidak terkendali. Tentu tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda.
    Masukan adalah sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses. Masukan tersebut dapat berupa hal-hal yang tampak fisik (bahan mentah) atau yang tidak tampak (jasa).
    Proses, adalah bagian yang melakukan perubahan dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai (informasi) atau yang tidak berguna (limbah)
    Keluaran, adalah hasil dari proses. Pada sistem informasi berupa informasi atau laporan, dsb.
    Batas adalah pemisah antara sistem dan daerah luar sistem. Batas disini menentukan konfigurasi, ruang lingkup atau kemampuan sistem. Batas juga dapat diubah atau di modifikai sehingga dapat merubah perilaku sistem.
    Mekanisme pengendalian dan umpan balik, digunakan untuk mengendalikan masukan atau proses. Tujuannya untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

Tujuan sistem adalah menyediakan dan mensistematika informasi yang merefleksikan seluruh kejadian atau kegiatan yang diperlukan untuk mengendalikan operasi-operasi organisasi. Sedangkan kegiatannya adalah mengambil, mengolah, menyimpan dan menyampaikan informasi yang diperlukan untuk mengoperasikan seluruh aktivitas didalam organisasi. Demikian juga menurut American National Standart Commite mendefenisikan bahwa sistem merupakan suatu pemrosesan data mengumpulkan manusia, mesin, organisasi, metode yang menyelesaikan satu set fungsi yang spesifik.



Langsung saja ke pembahasan :
sebelum anda mendownload sourcode aplikasi website ini harus sudah terinstal Mysql untuk menyimpan databasenya..

Demo gambar Aplikasi di atas untuk penampilan HOME

dan untuk FORMULIR PENDAFTARAN anda bisa memasukkan identitas dari siswa yang akan mendaftar sebagai identitas resmi seperti : Nama, asal sekolah, umur dan lainya.
Demo gambar ada di bawah.


Yang selanjutnya ada tampilan DAFTAR NAMA CALON PESERTA DIDIK BARU yang sudah mendaftar.
Tampilan ini memperlihatkan agar admin tau siapa saja yang sudah mendaftar di database aplikasi ini.
Demo gambar ada di bawah

Laporan hasil formulir pendaftaran siswa baru

Dan yang terakhir adalah memanipulasi data yaitu dengan menghapus, update dan delete atau CRUD
Tampilan ini bisa menjadi penentu aplikasi karna dengan ada tampilan ini maka otomatis akan mengubah, menambah dan menghapus nama peserta didik baru yang tidak penting dan yang penting.
Demo gambar ada di bawah

aplikasi menghapus, update dan delete atau CRUD

Jika sudah melihat demo diatas maka selanjutnya tinggal sedot sourcodenya.

Jika ingin mendownload silahkan klik << Link Download DI SINI Gan >>>

file yang sudah di download berupa pendaftaran.rar maka anda harus meng exstrak dulu file nya agar berbentuk folder..
jika sudah copy folder pendaftaran ke dalah drive C/XAMPP/htdoct. pastikan anda juga mempunyai MYSQL XAMPP 
di dalam folder pendaftaran juga ada file QSL nya untuk menaruh database siswa peserta didik baru.
 
nah mungkin sebagai pembuat dan penulis blogg alangkah baiknya jika setelah mendownload aplikasi Pendaftaran Siswa Baru Menggunakan PHP sederhana (CRUD) ini di mohon meninggalkan jejak komen yang bermanfaat dan membangun untuk berlangsungnya pembelajaran kami dan anda

Jika anda kesusahan dalam meng IMPORT sourcode nya anda bisa tanya lewat KOMENTAR dibawah.
Saya harap anda bisa berkomentar di bawah.
KOMENTAR anda sangat bermanfaat bagi saya karna saya menjadi tau apa ada yang masih salah.

TERIMAKASIH.
SEMOGA BERMANFAAT YA 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar