Aplikasi Penjualan Mobil Menggunakan Java NETBEANS dan MYSQL

MEMBUAT APLIKASI PENJUALAN MOBIL MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS

Ketika kita membuat penjualan dan berhubungan dengan database maka pastinya tidak lepas dari yang namanya server, dan saya disini memakai server MYSQL gratis yaitu XAMPP (PhpMyAdmin) untuk menyimpan databasenya.

Yooss.,,Jika kita ingin membuat sebuah aplikasi penjualan yang harus kita lakukan adalah menganalisa kebutuhan data yang harus dilakukan untuk membuat sebuah aplikasi atau system.
banyak juga para pembuat aplikasi sendiri tidak tau buat apa aplikasi itu dan mungkin juga aplikasi dibuat hanya untuk memenuhi tugas kuliah saja, sebenarnya itu salah besar, ketika analisis kebutuhan data tidak tepat akan memungkinkan dalam pembuataan aplikasi itu menjadi sia-sia.

Naahhh Apa sih tujuan dibuatnya aplikasi atau system itu?
Sekarang saya akan menjelaskan sedikit review saja, bahwa pembuatan aplikasi atau system itu tidak lain untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Seperti halnya robot yang dapat di pergunakan untuk kepentingan manusia itu sendiri, maka dari itu aplikasi atau system harus bermanfaat dan mudah digunakan.

Disini saya akan membagikan program atau aplikasi PENJUALAN MOBIL.
Kalian pasti tau kan penjualan, mengapa saya membuat apliasi penjualan? jawabannya adalah karena masih banyak metode penjualan terhadap pelaku usaha masih menggunakan manual, dengan adanya aplikasi banyak keuntungan yang di dapat, salah satunya mempermudah dalam segala hal transaksi.
Mungkin aplikasi ini belum sempurna karena ini dibuat bukan untuk diperjual belikan, melainkan untuk pembelajaran kuliah saya.

yuukkk.. langsung saja dari pada penasaran





Sebelu anda memakai aplikasi ini WAJIB untuk mempunyai XAMPP untuk menyimpan database.

Gambar di bawah ini adalah gambaran atau screen shot aplikasi penjualan mobil
1. Menu pertama ketika aplikasi di jalankan adalah menu LOGIN


2. Menu setelah login dengan username ADMIN dan password ADMIN adalah Menu PENJUALAN seperti gambar dibawah ini :






3. Pilih menu PEMBELI maka akan masuk ke tambah data pembeli. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI, dan KEMBALI).





4. Pilih menu TRANSAKSI maka akan masuk ke tambah data TRANSAKSI. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI, CETAK TRANSAKSI dan KEMBALI).





5. Pilih menu FAKTUR maka akan masuk ke tambah data FAKTUR. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI, CETAK FAKTUR dan KEMBALI).




6. Pilih menu FILE lalu Daftar MOBIL di situ anda bisa menambahkan daftar mobil yang akan dijual. Anda bisa menambahkan atau menyimpan data (SIMPAN, EDIT, HAPUS,  CARI,dan KEMBALI).




7. Nahh sekarang saatnya melihat hasil inputan yang sudah tersimpan pada database MYSQL.

a. DAFTAR MOBIL



b. DAFTAR PEMBELI (maaf salah penulisan di dalam screensot)


 c. DAFTAR FAKTUR PENJUALAN (ini juga salah penulisannya di screenshot)


 d. DAFTAR TRANSAKSI



YA kurang lebih begitulah representasi dari aplikasi yang saya buat.
Aplikasi PENJUALAN MOBIL ini sangatlah jauh dari kata sempurna, tapi setidaknya aplikasi ini dapat menjadi bahan referensi atau pembelajaran buat anda.

Jika anda mengingnkan aplikasi ini, akan saya bagikan gratis untuk anda, karena berbagi ilmu itu adalah sedekah yang baik.

Silahkan download sourcodenya  <<< Link DI SINI >>

format file adalah .rar dan di dalamnya ada file SQY yaitu untuk mengimport database ke XAMPP.

Pastikan anda sudah mempunyai aplikasi NETBEANS dan XAMPP.

Jika anda kesusahan dalam meng IMPORT sourcode nya anda bisa tanya lewat KOMENTAR dibawah.
Saya harap anda bisa berkomentar di bawah.
KOMENTAR anda sangat bermanfaat bagi saya karna saya menjadi tau apa ada yang masih salah.

TERIMAKASIH.
SEMOGA BERMANFAAT YA😀😁.. ..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

55 komentar

komentar
16 Agustus 2017 pukul 12.11 delete

makasih gan,,,oh y cara import file SQY nya bagaimana ya gan?

Reply
avatar
6 Oktober 2017 pukul 09.03 delete

Salah ketik itu SQY seharusnyA SQL..cara importnya masuk ke database mysql bikin database sesuai file sql.jika sudah pilih menu import-browser-pilih file sqlnya dan go

Reply
avatar
6 Oktober 2017 pukul 09.04 delete

OK silahkan kunjungi terus ya..masih banyak kok aplikasi netbeans dan c++

Reply
avatar
25 Oktober 2017 pukul 21.50 delete

kok ada yg error yaa yg di sql nya?

Reply
avatar
26 Oktober 2017 pukul 22.12 delete

Min penjelasan nya bisa lebih detail ga ? Masih bingung 😂, maksudnya kita bikin DB lg apa langsung import aja?

Reply
avatar
27 November 2017 pukul 20.50 delete

bikin new database masukkan judulnya sama dengan file sql nya..jika sudah pilih import - browser - pilih file sql nya yang ada di folder penjualanmobil tadi. jadi tidak buat tabelnya gan.

Reply
avatar
27 November 2017 pukul 20.52 delete

pastikan nama databasenya sama dengan file sql nya

Reply
avatar
29 November 2017 pukul 18.11 delete

Ka ko ga bisa inputkan data ya kaya error ga konek gitu database nya padahal udh disamain nama nya?

Reply
avatar
1 Desember 2017 pukul 11.50 delete

saya menggunakan Mysql Enterprise,AppServ dan NeatBean. apakah bisa berjalan aplikasi ini tampa menggunakan Xampp?,

Reply
avatar
9 Desember 2017 pukul 05.13 delete

Transaki.java saya kok merah ya
Di bagian actionListener

Reply
avatar
9 Desember 2017 pukul 05.15 delete

Transaksi.java saya kok ada yang merah ya
Di bagian ActionListener
Kira" yang salah apa ya ?
Terima kasih

Reply
avatar
11 Desember 2017 pukul 03.39 delete

Min kalau udah didesain kita ngambil sourcenya dimana? Rarnya sudah saya extraks

Reply
avatar
17 Desember 2017 pukul 08.08 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
17 Desember 2017 pukul 08.10 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
aku
4 Januari 2018 pukul 04.19 delete

gan, kenapa nomor telponnya bisa nya cuman 2 angka aja ya , saya mau bikin jadi 12 angka gimana ya gan caranya

Reply
avatar
6 Februari 2018 pukul 09.07 delete

aplikasi tetep berjalan tapi tidak bisa input data..
soalnya kode buat database mysql XAMPP sama yang lainnya berbeda..mungkin bisa jika sourcode di netbeant diubah..

Reply
avatar
6 Februari 2018 pukul 09.12 delete

tolong cek spase di databasenya pada nomor telepon harusnya int (12), mungkin saya salah mengetik 2 doang.. .

Reply
avatar
6 Februari 2018 pukul 09.14 delete

nah ini masalah pada masing2 neatbeans yg terinstal di laptop masing-masing.. .
tetapi jika nama database dan kode di netbeans sama seharusnya bisa input nilai

Reply
avatar
19 Februari 2018 pukul 05.09 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
19 Februari 2018 pukul 05.25 delete

Ngk bisa ke simpan.. hapus dan sebagainya bang..

Reply
avatar
28 Februari 2018 pukul 04.29 delete

Terimakasih banyak bro, sangat membantu saya yg baru pertama kali belajar netbean hehehe
Sukses selalu

Reply
avatar
27 Maret 2018 pukul 23.34 delete

pastikan databasenya benar
jangan lupa import file database dengan nama seperti file .sql

Reply
avatar
27 Maret 2018 pukul 23.37 delete

printnya pake print eksternal jadi kalau tidak di sambungkan ke print eksternal cuma bisa nampilin data yang akan di print.

contoh id penjualan harus ingat berapa? misalkan id transaksi penjualan no 10 maka ketik angka 10 lalu cari..

Reply
avatar
27 Maret 2018 pukul 23.38 delete

terimakasih sudah mau berkunjung ke blog saya

Reply
avatar
21 April 2018 pukul 00.39 delete

sama saya jugak, apa aad solusi?

Reply
avatar
8 Mei 2018 pukul 02.53 delete

boleh minta no. WA nya Gan

Reply
avatar
21 Juni 2018 pukul 06.23 delete

ada videonya nya nggak gan, biar lebih mudah lihat tutorial nya
terima kasih

Reply
avatar
1 Juli 2018 pukul 01.09 delete

gimana caranya, punya saya juga eror min

Reply
avatar
10 November 2018 pukul 15.42 delete

Assalamualaikum bg,
saya mau nanya aplikasinya abng krim Alhamdulillah sudah bisa
yang saya mau tanya gimana yang bang buat Data tambahaan di dalam aplikasi penjualanMobil mmenggunakan Konsep MVC
Trimah kasih

Reply
avatar
19 Desember 2018 pukul 06.38 delete

Kok saya gak bisa import database nya di xammp?

Reply
avatar
20 Januari 2019 pukul 05.48 delete

terimakasih pak bos, atas project yg sampean sheat sangat membantu tugas akhir visual saya, terimakasih lagi

Reply
avatar
25 Januari 2019 pukul 08.51 delete

gimana nih bang
error no hp katanya dan gak bisa tambahkan pembeli?

Reply
avatar
26 Januari 2019 pukul 09.39 delete

Aplikasinya bagus,lebih bagus kunjungi situs ini gan
https://rajincopas.blogspot.com/2019/01/download-free-aplikasi-penjualan-barang.html

Reply
avatar
Anonim
29 Januari 2019 pukul 22.35 delete

Sandi rar nya apa kak?

Reply
avatar
11 April 2019 pukul 14.43 delete

perintah salah terus nih, solusi dong kak

Reply
avatar
24 Juni 2019 pukul 00.34 delete

min, ini saya kudu bikin database sendiri di mysql apa gimana?

Reply
avatar
4 Juli 2019 pukul 08.45 delete

bg boleh minta no wa, saya mau nanya soalnya ini berhubungan buat project saya pas di uas nanti. waktunya mepet tinggal 2 minggu lagi. :(

Reply
avatar
19 Juli 2019 pukul 02.09 delete

kok saya tidak mengerti sama sekali ya bisa dijelaskan dari awal?

Reply
avatar
12 Agustus 2019 pukul 08.22 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
12 Agustus 2019 pukul 20.11 delete

kenapa pas tambah pebeli tambahh transaksi engga bisa ya ? muncul tulisan Syntax error Exception "Uknown database ??? itu maksud nya salah di database nya ya ?

Reply
avatar
17 Oktober 2019 pukul 08.28 delete

makasih gan app berjalan sempurna, koreksi sedikit gan untuk umur di database pembeli culomn nya ganti dengan no_tlp varchar (15). Di netbean pembeli.java, label No Telepon untuk textfield ganti variabelnya dari umur ke no_tlp atau sesuai nama culomn di databasenya. Jangan bosen untuk berkarya dan berbagi gan

Reply
avatar
29 Oktober 2019 pukul 05.53 delete

Terimakasih banyak min semoga bisa menjadi berkah dan tambah maju lagi

Reply
avatar
1 Desember 2019 pukul 22.35 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
18 Desember 2019 pukul 01.23 delete

Cara buat databasenya gimna?

Reply
avatar
18 Desember 2020 pukul 08.09 delete

tombol cetak ireportnya dmn ya?

Reply
avatar
21 Januari 2021 pukul 08.17 delete

Thankyou mas semoga berkah hehe

Reply
avatar
1 Maret 2021 pukul 20.37 delete

Gan cara import nya gimana ya.. susah ni.. import nya

Reply
avatar
11 Agustus 2022 pukul 09.40 delete

Maaf min, permisi saat saya ingin mendownload source codenya di drive saya butuh permission access nya min

Reply
avatar
12 Juni 2023 pukul 09.48 delete

mohon maaf min saya mau mendownload harus meminta acces

Reply
avatar